ahlan wa sahlan !!

selamat datang kepada orang-orang yang selalu istiqamah di jalan-Nya

Senin, 04 Agustus 2008

RAMADHAN

Assalamu’alaikum Wr.Wb
Ramadhan.....!!apa yach..........??,,,,Ramadhan memiliki banyak arti tetapi mksd dari pengertian tsb sama. Pengertian Ramadhan (رمضان) secara umum adalah bulan kesembilan pada penanggalan hijriyah dan ada juga pendapat lain dari para Ilmuwan islam yaitu berarti panas atau kekeringan maksudnya adalah pada bulan ini dosa-dosa dihapuskan oleh perbuatan baik sebagaimana matahari membakar tanah....,,,,serta ada juga masyarakat yang berpendapat lain tentang Ramadhan dalam masyarakat bulan Ramadhan sering diartikan dengan bulan yang penuh ampunan,rahmat,dan berkah yg diberikan oleh Allah terhadap Muslim yg menjalankan ibadah ramadhan seperti puasa, shalat tarawih, tadarus Al-Quran, etc.
Selama bulan Ramadhan, penganut agama Islam akan berpuasa setiap hari. Aktivitas muslim yang akan berpuasa dimulai dari sahur, yakni makan ringan sebelum waktu puasa (terbitnya fajar). Setelah sahur, mereka yang berpuasa harus menahan diri dari makan, minum dan berhubungan seksual antara suami-istri hingga tiba waktu berbuka yakni saat terbenamnya matahari. Saat berbuka (atau dikenal dengan istilah iftar), yang juga ditandai dengan masuknya waktu shalat maghrib, mereka yang berpuasa akan berbuka dengan kurma dan air putih(sunah rasul) serta makanan dan minuman lainnya. Dengan dilanjutkannya shalat tarawih, shalat witir, dan tadarus Al-Quran.
Pada bulan ramadhan banyak keistimewaan yang di berikan kepada umat muslim yang menjalankan ibadah dalam bulan ini. Salah satunya yaitu Malam Lailatul Qodar yang disebut dengan suatu malam yang pahalanya lebih baik dari 1000 bulan jika ada umat muslim yang melakukan ibadah di malam tersebut. Setelah para umat muslim menjalankan ibadah di malam bulan ramadhan,para muslim akan bertemu dengan hari raya ” Idul Fitri”. Dalam hari ini para umat muslim sudah terbebas dari segala ibadah ramadhan,teapi para umat muslim pun harus tetap memelihara tingkah laku dalam bulan2 lainnya seperti halnya pada bulan ramadhan.Mudh-mudahan puasa Qta semua diterima oleh Allah dan semoga qTA selalu diberikan rahmat, dan rezeki dari Allah. Amien,,,,,,,,..........

Tidak ada komentar: